Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

تها نينا للزيارة وا لاستمتاع يا أخي

Sabtu, 13 Agustus 2011

Menyelesaikan Rubik Cube 2x2x2



Begini, ceritanya, kemarin saya ditelepon ayah saya, bahwasanya ada sebuah paket untuk saya datang ke rumah di Kudus. Paket itu bukanlah bom yang akan diledakkan atas nama jihad, tetapi sebuah benda lucu.
200px-pocket_cube_solved
Nah, rubik yang datang itu benar-benar produksi dari Rubiks.com, bukan produksi Simpang Dago yang biasa saya bawa mainan di kampus. Cuma rubik yang datang itu ukurannya 2x2x2, biasanya disebut Mini Cube atau Pocket Cube.
Nah, kata adik saya, dia sudah memainkannya dan konon katanya pusing membuatnya dari Scrambled State ke Solved state. Mungkin karena dia tidak tahu FSM-nya, state table, dan state diagramnya. :mrgreen:
Nah, sebagai kakak yang baik, yang suka bilang adiknya jelek dan main ejek-ejekan, tentu saja yang saya bilang pertama kali adalah, “Gitu aja kok nggak bisa, mainan ecek-ecek kayak gitu”. Tapi tampaknya sekarang saya sedang berniat jadi kakak yang tidak baik, mengajari menyelesaikannya. :-P
Nah, kita mulai saja. Pertama kita kasih notasi dulu, notasi yang akan saya pakai adalah R+, R-, R2, D+, D-, D2 F+, dan F-, F2. R artinya right, D artinya down dan F artinya front. Front adalah sisi yang menghadap kita, down adalah sisi bawah kubus, dan right adalah sisi sebelah kanan front. Tanda + artinya clockwise, tanda – artinya counter clockwise, tamda 2 artinya diputar 180 derajat.
200px-pocket_cube
Langkah Pertama: Top Layer
Nah, dari posisi teracak seperti ini, apa yang pertama kali harus dilakukan? Yang harus dilakukan adalah menyelesaikan layer yang paling atas, tidak usah pedulikan bawahnya terlebih dahulu. Yang penting yang atas selesai, langkah ini tak perlu diajarkan, terlalu mudah soalnya.
486205_f260
Langkah kedua: posisikan sudutnya
Posisikan saja, warna terbalik dan terbolak juga tidak masalah. Kali ini saya cukup berbaik hati memberi algoritmanya. Pada gambar di bawah ini, saya anggap merah sebagai front, sedangkan yang kuning berbrintil merah dan biru adalah sudut yang telah benar posisinya (abaikan warnanya). Kalau belum ada yang posisinya benar, putar saja down layer sampai ketemu salah satu dari dua kasus di bawah ini.
Kasus 1
486206_f260
Yang digunakan adalah algoritma berikut
R- D- R+ F+ D+ F- R- D+ R+ D2
Maka setelah itu keempat sudut yang bawah akan benar posisinya.
Kasus 2
486206_f261
Nah, kalau yang ini, dipakailah algoritma berikut
R- D- R+ F+ D2 F- R- D+ R+ D-
Langkah 3: Menyelesaikan Down Layer
Sampai di sini akan ada 8 kasus berbeda, namun cukup dengan melakukan algoritma
R- D- R+ D- R- D2 R+ D2
Hadapkan sisi bawah ke muka, dan akan ditemui kasus-kasus berikut. Lakukan algoritma di atas hingga mencapai A.
case-by-case
Dan rubik cube 2x2x2 pun kembali seperti semula. :)
486209_f260

Tidak ada komentar:

Posting Komentar